permainan dg alat untuk pemanasan

Kena Bola, Jadi Penjaga

Dalam penjas, pemanasan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Selain menaikkan suhu badan, pemanasan juga berfungsi untuk menyiapkan otot-otot tubuh agar cedera yang mungkin terjadi dapat diminimalkan. Meski tidak menjamin untuk tidak terkena cedera, setidaknya pemanasan dapat mencegah terjadinya cedera. Pemanasan dapat dilakukan dengan stecthing biasa, atau dengan sebuah permainan. Baru-baru ini, pemanasan biasanya didesain dalam bentuk permainan. Hal ini berdasar latar belakang yang biasa terjadi, siswa merasa kurang berminat untuk melakukan pemanasan. Dengan didesain dalam sebuah permainan, diharapkan siswa dapat meningkat minatnya dalam melakukan pemanasan. Pada kesempatan kali ini, akan didesain sebuah pemanasan dalam bentuk permainan. Permainan “Kena Bola, Jadi Penjaga” ini didesain untuk melatih kekuatan otot lengan atas.

Adapun bentuk permainan ini adalah sebagai berikut.

  1. Permainan dimainkan dalam lapangan persegi ukuran kurang lebih 5m x5m. Ukuran lapangan dapat dimodifikasi sesuai jumlah anak. Perhatikan, jangan sampai lapangan terlalu besar atau terlalu kecil.
  2. Permainan dimainkan oleh 5-10 anak.
  3. 1 atau 2 anak sebagai penjaga.
  4. Penjaga berada pada garis lapangan dan boleh bergerak dengan tetap berada pada garis. Anak yang lain berada di dalam lapangan.
  5. Anak yang menjadi penjaga membawa 3-5 bola plastik ukuran kecil dan harus berusaha mengenakan bola kepada anak yang berada dalam lapangan dengan cara melempar.perkenaan bola yang dianggap sah adalah pada bagian pantat ke bawah. Anak yang tidak menjadi penjaga sebisa mungkin menghindari bola dengan bergerak bebas dengan tetap berada di dalam lapangan.
  6. Anak yang terkena bola bertugas menggantikan tugas penjaga, dan penjaga masuk ke dalam lapangan.
  7. Permainan dilakukan 5-10 menit.

Diterbitkan oleh Rizki Sito Harimurti

just to make it through

2 tanggapan untuk “permainan dg alat untuk pemanasan

  1. assalamualaikum!thanks, anda telah berpartisipasi dalam memajukan pendidikan jasmani. hal ini sangat penting sekali bagi saya dan teman2 yg berprofesi sebagai guru penjas.saran saya, agar dibuat lebih banyak permainan kecil lagi dengan disertai gambar,karena menurut saya kata2 lebih cepat dipahami dengan gambar.saya berdoa agar anda sukses selalu!!

    1. Wa’alaikumsalam…sebelumnya, mohon maaf atas balasannya yg terlalu lama….trimakasih atas saran nya…saya akan berusaha melakukan perbaikan kedepannya…
      mari kita bersama-memajukan penjas…
      salam olahraga

Tinggalkan komentar